Instalasi Pengolahan Air Limbah- Medis / IPAL Medis

Instalasi Pengolahan Air Limbah- Medis / IPAL Medis

IPAL MedisInstalasi Pengolahan Air Limbah Medis / IPAL Medis adalah suatu proses pengolahan limbah buangan medis agar limbah buang medis menjadi layak buang atau ramah lingkungan.Limbah medis yang tidak melalui proses pengolahan akan sangat berbahaya dibuang langsung kesaluran kota atau drainase, banyaknya kuman berbahaya, chemical obat obatan hasil dari operasinal kedokteran tidak boleh dibuang langsung sebelum melalui tahapan proses pengolahan air limbah khsusus medis.Ingat jangan salah pilih Instalasi pengolahan air limbah, limbah medis tidak sama dengan limbah air lainnya, limbah medis pakai pengolahan limbah medis.

Pengolahan Air-Limbah

Pengolahan Air-Limbah

Pengolahan Air LimbahPengolahan air limbah menjadi permasalahan yang serius akhir-akhir ini. Semakin berkembangnya sebuah kota, maka akan semakin banyak limbah yang dihasilkan. Disinilah peran pengolahan air limbah diperlukan. Bila tidak ada pusat pengolahan dan pengolahan air limbah, maka air limbah akan menjadi ancaman bagi penduduk kota tersebut. Banyak penyakit dan kelainan kesehatan yang cukup serius bahkan mengancam jiwa yang dapat timbul akibat limbah ini.

SISTEM IPAL - INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH

SISTEM IPAL - INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH

IPAL adalah sebuah struktur teknik dan perangkat peralatan beserta perlengkapannya yang dirancang secara khusus untuk memproses atau mengolah cairan sisa proses, sehingga sisa proses tersebut menjadi layak dibuang ke lingkungan. Cairan sisa proses atau limbah bisa berasal dari proses industri, pabrik, pertanian, dan perkotaan yang tidak lain merupakan hasil limbah rumah tangga. Hasil dari pembuangan tersebut dapat membahayakan manusia maupun lingkungan, oleh karena itu diperlukan proses pengolahan lebih lanjut sebelum dibuang ke saluran pembuangan.

TANGANI LIMBAH MEDIS, KLHK SOSIALISASIKAN STANDARDISASI TEKNOLOGI IPAL/INCINERATOR RAMAH LINGKUNGAN

TANGANI LIMBAH MEDIS, KLHK SOSIALISASIKAN STANDARDISASI TEKNOLOGI IPAL/INCINERATOR RAMAH LINGKUNGAN

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rabu, 3 Oktober 2018. Pengelolaan limbah dari fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) telah diatur secara khusus dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 56 Tahun 2015 tentang Tata Cara dan Persyaratan Teknis Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Upaya pengelolaan yang efektif juga terus dilakukan guna mencegah terjadinya pembuangan limbah secara ilegal.

Kementerian PUPR Tingkatkan Layanan Sanitasi di Palembang

Kementerian PUPR Tingkatkan Layanan Sanitasi di Palembang

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong kerja sama antara pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota untuk meningkatkan pelayanan sanitasi. Di kawasan perkotaan, Kementerian PUPR mengembangkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik (SPALD) terpusat skala perkotaan.

Gelora Sulsel Soroti IPAL RSUD Massenrempulu Enrekang

Gelora Sulsel Soroti IPAL RSUD Massenrempulu Enrekang

Direktur Gelora Sulsel, Armin Laduri, menyoroti Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) milik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Massenrempulu.Itu lantaran IPAL di RSUD Massenrempulu dinilai sudah tidak lagi memadai, sehingga perlu jadi fokus perhatian oleh Pemkab Enrekang.

Bangun IPAL untuk Ciptakan Sanitasi Bersih

Bangun IPAL untuk Ciptakan Sanitasi Bersih

Kepala Desa Pleret Agus Supriyono mengungkapkan, pembangunan IPAL di Dusun Bunguran bukannya tanpa alasan. Sebab, lokasi ini termasuk wilayah yang kumuh dibandingkan dusun lainnya di Desa Pleret. Mayoritas warganya masih ada yang buang air besar (BAB) secara sembarangan.

Tahun Depan Surabaya Mulai Bangun IPAL Rumah Sakit

Tahun Depan Surabaya Mulai Bangun IPAL Rumah Sakit

Wali kota perempuan pertama di Surabaya ini menegaskan, proses IPAL rumah sakit segera dijalankan. Karena saat ini kondisi rumah sakit mengalami kesulitan membuang limbah dan kondisinya tidak bisa ditunda lagi. Dengan dukungan dari Jepang, maka target pembangunan IPAL rumah sakit bisa dilakukan tahun depan. “Sudah ada persetujuan dan Pemerintah Jepang sudah oke,” katanya.